Minggu, 30 Agustus 2020

Pavegen Tiles : Melangkah Menuju Masa Depan


 Sumber gambar : https://www.ovoenergy.com/

 

“A journey of thousand miles begin with a single step” (Lao Tzu).

 

Kebutuhan akan adanya sumber daya energi baru pengganti sumber daya fosil semakin mendesak. Di Indonesia sendiri, kondisi darurat energi sebetulnya sudah terjadi akibat penurunan produksi minyak bumi sejak tahun 1991 (BPPT, 2018). Di samping itu, penggunaan sumber daya fosil sebagai pembangkit energi juga meningkatkan polusi lingkungan yang berakibat pada timbulnya global warming. Kelangkaan sumber daya penghasil energi dan ancaman perubahan iklim global sebetulnya dapat ditanggulangi dengan “sebuah langkah kecil” yang jika dikelola dengan baik dapat menghasilkan sebuah investasi besar untuk masa depan kita semua.

Di kota-kota besar terutama di tempat-tempat umum yang menampung aktivitas manusia dalam intensitas tinggi, aktivitas tersebut dapat dimanfaatkan menjadi sebuah alternatif untuk energi terbarukan. Sebuah teknologi bernama pavegen tiles memanfaatkan pijakan atau langkah kaki manusia yang dapat dikonversikan menjadi energi listrik. Pavegen tiles sendiri adalah sebuah generator elektro magnetik yang mengkonversikan energi kinetik menjadi energi listrik. Cara kerja pavegen tiles adalah dengan meletakan sebuah panel komposit di permukaan jalan, kemudian apabila panel tersebut diberikan tekanan melalui langkah atau pijakan kaki manusia akan menghasilkan energi sekitar dua sampai empat joule dengan satu kali pijakan. Dengan satu kali pijakan, dapat menyalakan sebuah lampu LED selama kurang lebih tiga puluh detik. Bisa dibayangkan apabila panel-panel pavegen tiles ditempatkan di lokasi dimana banyak orang berlalu lalang dengan intensitas pijakan yang tinggi, maka dapat menghasilkan energi listrik yang mencukupi kebutuhan listrik untuk penerangan jalan di area tersebut. Kita ambil contoh di sebuah stasiun kereta api, dimana banyak orang berlalu lalang disana setiap harinya. Apabila di permukaan jalan ditempatkan panel-panel pavegen tiles dalam jumlah banyak, maka kebutuhan energi untuk mengoperasikan penerangan di kawasan stasiun kereta api tersebut sudah dapat terpenuhi hanya dengan langkah atau pijakan orang-orang yang beraktivitas disana. Hal ini merupakan solusi yang sangat efektif dan efisien. Di samping itu, pavegen tiles juga mengkonversi setiap pijakan menjadi data dan ditransmisikan menggunakan teknologi bluetooth ke ponsel kita sehingga kita dapat mengetahui berapa pijakan kaki yang telah kita sumbangkan untuk menghasilkan energi listrik. Setelah mencapai jumlah tertentu, kita bisa mendapatkan reward atas sumbangsih yang telah kita berikan.

 

 

Sumber gambar : https://www.pavegen.com/

 

Pengembangan lebih lanjut dari pavegen tiles ini dapat dilakukan dengan skala yang lebih besar. Contohnya, apabila panel-panel pavegen tiles dapat dimodifikasi untuk ditempatkan di permukaan jalan dimana banyak kendaraan berlalu lintas, maka kendaraan-kendaraan yang melintas dapat menghasilkan energi listrik untuk setidaknya menerangi lampu-lampu penerangan jalan umum yang terdapat di kawasan tersebut. Semakin banyak kendaran yang melintas dan semakin banyak jumlah panel yang tersebar, maka semakin tinggi juga energi yang akan dihasilkan.

Tantangan yang harus dihadapi adalah bagaimana teknologi pavegen tiles ini bisa kita terapkan di Indonesia. Apakah ilmuwan-ilmuwan di Indonesia sudah dapat membuat dan mengembangkan panel-panel sejenis pavegen tiles? Bagaimana daya-daya yang dihasilkan melalui pijakan kaki tersebut dapat digunakan untuk keperluan yang lebih besar? Lalu, dibutuhkan pula adanya kerjasama antar beberapa disiplin ilmu seperti electrical engineering dan civil engineering agar teknologi pavegen tiles ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tantangan-tantangan tersebut harus dapat kita jawab demi mencari solusi untuk kebutuhan energi di masa depan. Sudah saatnya kita dapat menghasilkan energi dengan cara yang efektif dan efisien karena inovasi-inovasi teknologi harus dikembangkan berdasarkan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan kita. Mari melangkah menuju masa depan dengan cara-cara yang baik untuk kehidupan yang lebih baik!

 

 

 

~§~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar